Minggu, 28 Oktober 2018

Budaya Politik Dalam Bernegara

Budaya Politik Dalam Bernegara

Budaya politik

Budaya politik merupakan pola perilaku suatu masyarakat dalam kehidupan benegara, penyelenggaraan administrasi negara, politik pemerintahan, hukum, adat istiadat, dan norma kebiasaan yang dihayati oleh seluruh anggota masyarakat setiap harinya. Budaya politik juga dapat di artikan sebagai suatu sistem nilai bersama suatu masyarakat yang memiliki kesadaran untuk berpartisipa Asi dalam pengambilan keputusan kolektif dan penentuan kebijakan publik untuk masyarakat seluruhnya.
Bagian-bagian budaya politik
Secara umum budaya politik terbagi atas tiga :
  1. Budaya politik apatis (acuh, masa bodoh, dan pasif)
  2. Budaya politik mobilisasi (didorong atau sengaja dimobilisasi)
  3. Budaya politik partisipatif (aktif)

Tipe-tipe Budaya politik

Budaya politik parokial yaitu budaya politik yang tingkat partisipasi politiknya sangat rendah. Budaya politik suatu masyarakat dapat di katakan Parokial apabila frekuensi orientasi mereka terhadap empat dimensi penentu budaya politik mendekati nol atau tidak memiliki perhatian sama sekali terhadap keempat dimensi tersebut. Tipe budaya politik ini umumnya terdapat pada masyarakat suku Afrika atau masyarakat pedalaman di Indonesia. dalam masyarakat ini tidak ada peran politik yang bersifat khusus. Kepala suku, kepala kampung, kyai, atau dukun,yang biasanya merangkum semua peran yang ada, baik peran yang bersifat politis, ekonomis atau religius.

Budaya politik kaula (subjek),yaitu budaya politik yang masyarakat yang bersangkutan sudah relatif maju baik sosial maupun ekonominya tetapi masih bersifat pasif. Budaya politik suatu masyarakat dapat dikatakan subyek jika terdapat frekuensi orientasi yang tinggi terhadap pengetahuan sistem politik secara umum dan objek output atau terdapat pemahaman mengenai penguatan kebijakan yang di buat oleh pemerintah. Namun frekuensi orientasi mengenai struktur dan peranan dalam pembuatan kebijakan yang dilakukan pemerintah tidak terlalu diperhatikan. Para subyek menyadari akan otoritas pemerintah dan secara efektif mereka di arahkan pada otoritas tersebut. Sikap masyarakat terhadap sistem politik yang ada ditunjukkan melalui rasa bangga atau malah rasa tidak suka. Intinya, dalam kebudayaan politik subyek, sudah ada pengetahuan yang memadai tentang sistem politik secara umum serta proses penguatan kebijakan yang di buat oleh pemerintah.

Budaya politik partisipan,yaitu budaya politik yang ditandai dengan kesadaran politik yang sangat tinggi. Masyarakat mampu memberikan opininya dan aktif dalam kegiatan politik. Dan juga merupakan suatu bentuk budaya politik yang anggota masyarakatnya sudah memiliki pemahaman yang baik mengenai empat dimensi penentu budaya politik. Mereka memiliki pengetahuan yang memadai mengenai sistem politik secara umum, tentang peran pemerintah dalam membuat kebijakan beserta penguatan, dan berpartisipasi aktif dalam proses politik yang berlangsung. Masyarakat cenderung di arahkan pada peran pribadi yang aktif dalam semua dimensi di atas, meskipun perasaan dan evaluasi mereka terhadap peran tersebut bisa saja bersifat menerima atau menolak.

Lihat Juga :

Keyword :
budaya politik budaya politik partisipan budaya politik di indonesia budaya politik parokial budaya politik adalah budaya politik indonesia budaya politik yang berkembang di indonesia budaya politik kaula budaya politik menurut para ahli budaya politik subjek budaya politik yang berkembang di masyarakat indonesia sekarang adalah budaya politik partisipan adalah budaya politik tradisional budaya politik militan budaya politik demokratis budaya politik toleransi budaya politik modern budaya politik seseorang dipengaruhi oleh budaya politik santri budaya politik jawa budaya politik pdf budaya politik priyayi budaya politik kaula adalah budaya politik masyarakat indonesia budaya politik secara umum budaya politik sunda budaya politik yang berkembang di masyarakat budaya politik batak budaya politik pada masa orde baru budaya politik partisipasi budaya politik indonesia saat ini budaya politik partisipatif budaya politik yang ada di indonesia budaya politik yang berkembang dalam masyarakat dapat diukur melalui budaya politik indonesia masa orde baru budaya politik unggul budaya politik dayak budaya politik malaysia budaya politik indonesia mempunyai kecenderungan hierarki yang tegas budaya politik indonesia pada masa orde baru budaya politik konvensional budaya politik non konvensional budaya politik orde baru budaya politik subjek partisipan di indonesia berlangsung pada masa budaya politik suku dayak budaya politik budaya demokrasi dan civil society budaya politik jawa barat budaya politik berdasarkan sikap yang ditunjukkan budaya politik china budaya politik cina budaya politik jepang budaya politik jerman budaya politik kelas 11 budaya politik lokal budaya politik luar negeri budaya politik negara berkembang budaya politik negara inggris budaya politik negara malaysia budaya politik negara thailand budaya politik radikal budaya politik status quo budaya politik suku batak Terimakasih atas informasinya POSISI BIROKRASI DALAM PEMERINTAHAN Mengatasi Wajah keriput Dengan Cepat Produk Untuk Kulit Kusam MAKALAH HUKUM BISNIS DOC Hadits Lemah tentang Bendera Rasulullah Cara Mengatasi Alzheimer Secara Tepat Cream Pencerah Wajah Remaja Aman 6 Gejala Penyakit Kelenjar Getah Bening
banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: