Minggu, 16 September 2018

Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang Ekonomi

Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang Ekonomi
Dalam ekonomi suatu negara, teknologi informasi mulai dipertimbangkan untuk memainkan peran penting dalam ekonomi suatu negara, karena dengan perkembangan teknologi informasi, ekonomi suatu negara telah mulai mengalami perubahan besar. Perekonomian suatu negara dapat dilihat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di negara tersebut. Semakin tinggi perkembangan teknologi informasi, semakin tinggi pertumbuhan ekonomi negaranya. Namun, perkembangan teknologi informasi juga memiliki sisi negatif, dan ada sejumlah besar penyalahgunaan teknologi dalam kejahatan.

Dampak positif teknologi informasi dan komunikasi di bidang ekonomi


Teknologi berkembang dengan cepat, termasuk teknologi informasi, komunikasi, dan transportasi. Dengan cara ini orang dapat melintasi perbatasan nasional. Selain itu, dampak positif teknologi informasi dan komunikasi di bidang ekonomi adalah:
  1. Perekonomian tumbuh lebih cepat.
  2. Persaingan di bidang pekerjaan menuntut pekerja untuk selalu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Tren teknologi dan perkembangan ekonomi akan berdampak pada kualifikasi angkatan kerja dan tenaga kerja yang dibutuhkan.
  3. Kemakmuran ekonomi di bidang medis dapat membuat produk medis menjadi komoditas.
  4. Meningkatnya penggunaan TIK akan semakin menciptakan lapangan kerja.
  5. Promosi produk dan kegiatan pemasaran akan dipromosikan melalui fasilitas iklan Internet di situs web tertentu.
  6. Perusahaan dapat memasuki pasar yang lebih luas karena pembeli yang mengakses Internet tidak dibatasi oleh lokasi dan waktu.
  7. Perusahaan tidak perlu membuka cabang distribusi.
  8. Kurangi pengeluaran karena tidak ada banyak karyawan.
  9. Harga komoditas lebih murah karena biaya operasional lebih rendah.
  10. Bisnis berbasis ITC, atau yang biasa disebut dengan e-commerce, dapat memfasilitasi transaksi bisnis untuk perusahaan atau individu.

Dampak negatif teknologi informasi dan komunikasi di bidang ekonomi


Beberapa efek negatif teknologi informasi dan komunikasi di arena ekonomi meliputi:
  1. Dengan mudah bertransaksi di Internet akan mempermudah transaksi yang terlarang, seperti selundupan atau transaksi obat.
  2. Yang sering terjadi adalah bahwa akun pembobolan lembaga atau individu menyebabkan kerugian ekonomi besar.
  3. Dengan kompleksitas teknologi informasi dan komunikasi, banyak kasus penipuan muncul dalam transaksi online.
  4. Menyisir. Karena sifatnya langsung (real time), cara menggunakan kartu kredit belanja adalah metode yang paling banyak digunakan di dunia internet. Bahkan penjahat internet telah melakukan kejahatan paling banyak di bidang ini. Terbuka, penjahat dapat mendeteksi transaksi online (menggunakan kartu kredit) dan mencatat kode kartu yang digunakan. Kemudian mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk melakukan kejahatan.
  5. Cybercrime: Cybercrime adalah kejahatan yang dilakukan oleh seseorang yang menggunakan fasilitas Internet di dunia maya.
  6. Peretasan: Cobalah masuk ke jaringan untuk menjelajahi atau mencari kelemahan sistem jaringan. Sama seperti peretasan di Facebook, ini sering terjadi ketika membeli dan berjualan secara online, menyebabkan kerugian bagi penjual atau pembeli.
  7. Crack: Perusahaan secara ilegal memasuki jaringan, berniat untuk mencuri, mengubah atau menghancurkan file yang tersimpan di jaringan. Ini telah menyebabkan kerugian besar dalam bidang bisnis online.
  8. Di media sosial, ambil kesaksian atau foto produk yang dijual tanpa izin.

Lihat Juga : 


Keyword :
contoh teknologi di bidang ekonomi, manfaat internet dalam ekonomi, teknologi dalam bidang ekonomi, contoh teknologi dalam bidang ekonomi, manfaat internet di bidang pemerintahan, pengaruh teknologi terhadap ekonomi, contoh teknologi di bidang ekonomi, pengaruh perkembangan teknologi terhadap kehidupan manusia, dampak perkembangan teknologi di bidang politik, teknologi dalam bidang ekonomi, dampak perkembangan teknologi dalam bidang sosial budaya, apa yang dimaksud dengan teknologi perkantoran

banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: