5 Sayuran Ampuh Turunkan Kolesterol

5 Sayuran Ampuh Turunkan Kolesterol

Bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi, disarankan agar Anda mengatur menu khusus untuk makanan sehari-hari Anda. Anda dapat menggunakan berbagai jenis sayuran penurun kolesterol sebagai opsi untuk menurunkan kadar kolesterol Anda.

Pada dasarnya, semua orang membutuhkan kolesterol. Kolesterol adalah lemak esensial yang bertanggung jawab untuk membantu fungsi tubuh dengan baik. Namun, kolesterol tinggi dapat berdampak negatif pada kesehatan. Jika dibiarkan, ini dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke.

5 Sayuran penurun kolesterol

Jika kolesterol total Anda sudah tinggi, cobalah menguranginya dengan mengonsumsi berbagai sayuran penurun kolesterol. Diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Tomat
Selain dianggap membantu melawan kanker, tomat juga dianggap membantu menurunkan kolesterol. Ini masuk akal karena tomat mengandung likopen, antioksidan yang memberi warna merah pada tomat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan 25 mg lycopene setiap hari dapat membantu menurunkan LDL atau 10% kolesterol jahat.
2. Bayam
Hampir semua sayuran dapat membantu menurunkan kolesterol, tetapi sayuran hijau gelap seperti bayam dianggap sebagai cara paling efektif untuk menurunkan kolesterol. Bukan hanya itu, tetapi salah satu dari sayuran penurun kolesterol ini juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Ini karena kandungan lutein dan karoten dalam bayam adalah peran penting dalam menghilangkan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh.
3. Bawang putih
Bawang putih telah lama digunakan sebagai bahan memasak dan sebagai obat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan bawang putih dapat mengurangi kolesterol jahat, tetapi diperlukan penelitian lebih lanjut.
4. Terong
Salah satu manfaat terong adalah membantu mengurangi kolesterol jahat. Tidak hanya itu, makan sayuran yang mudah ditemukan juga berguna untuk meningkatkan fungsi jantung dan menurunkan gula darah.

5 Sayuran Ampuh Turunkan Kolesterol

Bahkan, selain sayuran, ada makanan lain yang membantu menurunkan kolesterol, termasuk gandum, kacang-kacangan, apel, anggur, stroberi, dan ikan.

Anda mengkombinasikan jenis makanan ini dengan sayuran penurun kolesterol untuk mendapatkan berbagai nutrisi sehat. Juga, jangan lupa untuk menggunakan gaya hidup sehat untuk membantu menurunkan kolesterol dan menghindari penyakit. Jika perlu, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda untuk diet yang direkomendasikan.

Lihat Juga :

Keyword :
turunkan kolesterol, menurunkan kolesterol secara alami turunkan kolesterol dengan jeruk nipis, menurunkan kolesterol jahat, turunkan kolesterol secara alami, buah turunkan kolesterol, makanan turunkan kolesterol, turunkan kolesterol dengan cepat, menurunkan kolesterol pada ibu hamil, menurunkan kolesterol secara cepat, ramuan turunkan kolesterol, turunkan kolesterol cepat, menurunkan kolesterol tinggi dengan cepat, turunkan kolesterol alami, nanas turunkan kolesterol, menurunkan kolesterol saat hamil, vitamin menurunkan kolesterol, turunkan kolesterol dalam darah, menurunkan kolesterol jahat dengan cepat, menurunkan kolesterol herbal, untuk turunkan kolesterol, resep turunkan kolesterol, makanan turunkan kolesterol dengan cepat, turunkan kolesterol tinggi, menurunkan kadar kolesterol dengan cepat, turunkan kolesterol dengan alami, menurunkan kolesterol ldl direk, menurunkan kolesterol makanan, cara turunkan kolesterol dengan bawang putih, turunkan kolesterol dengan daun salam, turunkan kolesterol dengan bawang putih, cara turunkan kolesterol dalam badan, minuman turunkan kolesterol, menurunkan kolesterol ldl secara alami, turunkan kolesterol dengan minyak zaitun, menurunkan kolesterol jahat ldl, menurunkan kolesterol ibu hamil, cara cepat turunkan kolesterol jahat, menurunkan kolesterol tinggi pada ibu hamil, menurunkan kolesterol tanpa obat, obat turunkan kolesterol dengan cepat, turunkan kolesterol tanpa obat,

Post a Comment

Previous Post Next Post