Penyumbatan dan Gejala Penyakit Jantung

Penyumbatan dan Gejala Penyakit Jantung

Penyumbatan jantung adalah penyakit pembuluh darah jantung (arteri koroner) yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner atau penyakit jantung yang lebih fatal yang dikenal di dunia. Mengidentifikasi dan mengenali gejala dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Oklusi jantung biasanya disebabkan oleh penumpukan plak di dinding pembuluh darah jantung. Pembuluh darah ini mengelilingi jantung dan misinya adalah untuk mengangkut oksigen dan berbagai nutrisi dari tubuh ke jantung.

Plak atau aterosklerosis biasanya dibentuk oleh kolesterol, lemak, kalsium, sisa metabolisme, dan bahan pembekuan darah yang disebut fibrin. Meskipun dapat dipisahkan dari dinding pembuluh, pembentukan plak ini dapat dilakukan bersama dengan aliran darah sampai ditangkap oleh organ-organ tertentu seperti otak. Hal lain yang bisa terjadi adalah pembentukan gumpalan darah di permukaan plak, yang juga bisa menyumbat pembuluh darah sampai aliran darah terputus.

Lipid darah tinggi dan kadar trigliserida, merokok, diabetes, obesitas dan tekanan darah tinggi adalah beberapa faktor risiko untuk Penyumbatan jantung. Faktor risiko lain untuk penyumbatan jantung termasuk usia, jenis kelamin, dan riwayat medis penyakit dalam keluarga.

Gejala penyakit jantung

Penyumbatan jantung dapat dimulai pada usia muda. Seiring bertambahnya usia, plak akan terus tumbuh dan menumpuk. Biasanya kondisi ini tidak menunjukkan gejala yang jelas sampai pembuluh darah benar-benar menyempit, tersumbat, atau bahkan pecah dan menyebabkan stroke atau serangan jantung.
Penyumbatan dan Gejala Penyakit Jantung

Gejala penyumbatan jantung yang paling umum adalah nyeri dada atau episode angina. Nyeri dada yang Anda rasakan dapat digambarkan sebagai stres berat, perasaan sakit, mati rasa, sesak, kompresi dada, dan sangat menyakitkan. Nyeri ini dapat menyebar ke bahu kiri, lengan, leher, rahang, dan punggung. Nyeri dada juga bisa disertai mual, berkeringat, dan kelelahan. Gejala lain yang mungkin adalah detak jantung yang cepat atau tidak teratur (aritmia), merasa lemah dan pusing.

Jika aliran darah benar-benar tersumbat, iskemia atau kerusakan aliran darah dapat terjadi, yang dapat menyebabkan serangan jantung. Iskemia dapat terjadi ketika Anda makan, berolahraga, atau terlalu antusias atau terpapar suhu rendah. Jika benar-benar serius, iskemia juga akan terjadi ketika Anda sedang istirahat.

Beberapa faktor risiko yang mengendalikan penyumbatan jantung juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Anda dapat mengubah pola makan untuk menurunkan kolesterol, tekanan darah dan gula darah, berhenti merokok dan mulai berolahraga secara teratur. Olahraga dapat menjaga berat badan Anda dalam kisaran normal, sehingga mengurangi risiko berbagai komplikasi yang disebabkan oleh obesitas. Diskusikan dengan dokter Anda langkah-langkah untuk mencegah penyumbatan jantung dan sesuaikan dengan kondisi fisik Anda.

Lihat Juga :

Keyword :
gejala penyakit jantung gejala penyakit jantung pada wanita gejala penyakit jantung dan pencegahannya gejala penyakit jantung koroner gejala penyakit jantung pada wanita dan pencegahannya penyebab penyakit jantung koroner gejala penyakit jantung bawaan gejala penyakit jantung lemah pada wanita gejala penyakit jantung pada wanita muda gejala2 penyakit jantung ciri2 gejala penyakit jantung gejala penyakit jantung iskemik penyebab penyakit jantung lemah gejala penyakit jantung lemah gejala penyakit jantung pada anak gejala penyakit jantung pada pria gejala penyakit jantung rematik gejala penyakit jantung pada bayi gejala penyakit jantung bocor gejala penyakit jantung dan pengobatan penyakit jantung gejala penyakit jantung bengkak gejala penyakit jantung dan cara mengatasinya gejala penyakit jantung koroner pada wanita gejala penyakit jantung koroner pdf gejala penyakit jantung kronis gejala penyakit jantung usia muda gejala penyakit jantung koroner pada pria ok google gejala penyakit jantung gejala penyakit jantung dan pengobatannya gejala penyakit otot jantung gejala penyakit jantung dan ginjal gejala penyakit jantung hipertensi gejala penyakit jantung berdebar gejala penyakit jantung ringan gejala penyakit jantung tahap awal gejala penyakit jantung pada laki laki gejala penyakit jantung pada ibu hamil penyebab penyakit jantung iskemik gejala penyakit jantung koroner dan serangan jantung penyebab penyakit jantung mendadak 6 gejala penyakit jantung obat gejala penyakit jantung penyumbatan jantung penyumbatan jantung bisa sembuh penyumbatan pembuluh darah jantung gejala penyumbatan jantung penyumbatan pembuluh darah jantung disebut penyumbatan jantung tanpa operasi ciri penyumbatan jantung penyumbatan jantung koroner penyumbatan pembuluh jantung bahaya penyumbatan jantung penyumbatan darah ke jantung mengatasi penyumbatan jantung penyumbatan jantung disebabkan oleh tanda penyumbatan jantung operasi penyumbatan jantung mengobati penyumbatan jantung mengatasi penyumbatan pembuluh jantung efek penyumbatan jantung tindakan penyumbatan jantung apakah penyumbatan jantung bisa disembuhkan apakah penyumbatan jantung bisa sembuh penyumbatan jantung 100 persen penyumbatan jantung bisa disembuhkan penyumbatan jantung adalah penyumbatan pembuluh darah jantung koroner gejala penyumbatan pada jantung penyumbatan nadi tajuk jantung obat penyumbatan jantung obat penyumbatan jantung koroner

Post a Comment

Previous Post Next Post